Berita Utama

Cara Merawat Ban Serep Mobil Supaya Tetap Awet dan Maksimal Saat Digunakan

Cara Merawat Ban Serep Mobil Supaya Tetap Awet dan Maksimal Saat Digunakan

Kabar Jatim, Surabaya - Pemilik kendaraan mungkin sudah rutin melakukan pengecekan dan perawatan pada ban, tapi khusus untuk mobil ada satu hal yang sering dilupakan oleh pemilik yaitu mengecek komponen lainnya. Dia adalah keberadaan ban serep atau ban cadangan.

Apalagi kalau letak penyimpanan ban serep ini ada di kolong mobil, pasti sering diabaikan keberadaannya. Padahal, ban serep ini juga perlu perawatan, lho. Tujuannya supaya fungsinya tetap maksimal saat dibutuhkan.

Seringnya, ban serep ini baru akan diperiksa ketika kondisinya sudah dibutuhkan, alias saat ban mobil mengalami kempes atau bocor. Padahal kalau ternyata kondisi ban serepnya tidak layak pakai, hal tersebut jadi bisa bikin repot.

Untuk merawat ban serep atau ban cadangan agar tetap awet dan optimal, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. 

Berikut adalah beberapa di antaranya:

Periksa tekanan udara berkala

Meskipun ban cadangan tidak digunakan, tekanan udara dari ban tersebut bisa berkurang secara perlahan. Apalagi, jika ban disimpan dengan cara ditumpuk dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, pastikan bahwa tekanan angin ban tersebut sesuai dan tidak kurang dari standar yang ditentukan. Dengan begitu, Anda bisa langsung memasang ban cadangan tersebut jika suatu saat dibutuhkan.

Lakukan rotasi ban

Cara lain untuk menjaga performa ban adalah dengan menggunakan ban tersebut. Ini karena ban yang lama tidak digunakan bisa memiliki berbagai macam masalah, salah satunya karet ban menjadi getas.

Oleh karena itu, lakukanlah rotasi ban antara ban utama dengan ban cadangan setiap beberapa bulan sekali. Dengan begitu, ban tidak dibiarkan saja tersimpan di garasi sampai rusak karena tidak pernah dirawat atau dipakai.

Bersihkan secara rutin

Terakhir, Anda wajib membersihkan ban secara rutin. Untuk membersihkannya, Anda tidak perlu menggunakan cairan atau bahan kimia apa pun. Cukup bersihkan dengan lap kering secara berkala, apalagi jika ban disimpan di tempat yang rawan debu.

Jika tidak sempat membersihkannya secara berkala, Anda juga bisa menutup ban cadangan tersebut dengan cover atau pelindung ban untuk menghindari menempelnya debu dan kotoran lainnya. (rel/jp)

------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di WhatsApp Channel dan Telegram

Type and hit Enter to search

Close