Berita Utama

Loyalty Program: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya Bagi Bisnis

Loyalty Program: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya Bagi Bisnis

LANGKATODAY.com - Loyalty program adalah konsep usaha yang sangat menguntungkan. Bagi para pengusaha yang tidak tahu tentang program ini, mari bahas secara singkat tentangnya berikut ini!


Definisi Loyalty Program

Program yang juga dikenal sebagai program loyalitas adalah program penghargaan yang diberikan pihak bisnis untuk pelanggan yang setia. Program ini dikelola demi menjaga hubungan bisnis dengan konsumen secara jangka panjang.

Program ini dicontohkan memberikan kupon, point yang bisa ditukar dengan diskon atau bahkan bonus harga membership. Semua ini hanya dapat diperoleh pelanggan dengan interaksi dengan bisnis Anda. Baik dengan belanja, menggunakan jasa, app ataupun memanfaatkan banyak layanan perusahaan lain.

Semakin konsumen berinteraksi dengan bisnis Anda demi mendapatkan keuntungan loyalty program ini, makin tinggi kemungkinan mereka membeli barang dan jasa usaha Anda.


Jenis – Jenis Loyalty Program

Berikut adalah berbagai bentuk jenis program loyalitas yang sering digunakan:


Point Based Loyalty

Program ini menghitung kegiatan pelanggan dalam interaksi dengan usaha dan membuatnya sebagai point. Point ini akan dapat ditukar menjadi banyak bentuk keuntungan. Contoh setiap belanja di kelipatan 20 ribu di restoran, pelanggan dapat point 1. Point tersebut dapat dikumpulkan sampai 5 untuk mendapatkan paket menu makan gratis atau hadiah dalam bentuk voucher reward.


Tiered Loyalty

Program ini akan menyusun kelompok pelanggan dan membuatnya menjadi level. Contoh saja seperti program kelompok Gold, Silver dan Bronze pada platform toko online tergantung besaran belanja tiap bulannya. Bagi yang sering belanja besar akan masuk kelompok Gold dan mendapatkan bonus lebih menarik dibandingkan kelompok lain.


Paid Loyalty

Program ini membuka peluang pelanggan menjadi member dengan bayar tagihan tertentu. Contoh saja member swalayan tertentu membutuhkan membernya bayar biaya member setiap bulan. Namun \\\sebagai member, mereka akan dapat banyak diskon lebih dan bahkan hadiah undian tiap bulannya.


Value Loyalty

Program ini berusaha memberikan nilai lebih bagi pembelian konsumen dalam bentuk emosi. Contoh saja memberikan program setiap pembelian produk, keuntungannya akan digunakan untuk charity. Hal ini membuat konsumen yang beli produk merasa bangga karena sekaligus membantu pihak lain.


Keuntungan Loyalty Program Bagi Pemilik Bisnis

Menggunakan berbagai metode loyalty program di atas, pelanggan pasti lebih tertarik menggunakan jasa, layanan dan beli produk di tempat usaha tersebut. Karena banyak bonus dapat dinikmati semakin pelanggan aktif, makin sering juga mereka akan terus gunakan layanan Anda dibanding kompetitor lain.

------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di WhatsApp Channel dan Telegram

Type and hit Enter to search

Close