Berita Utama

Penderita Maag Tak Disarankan Minum Kopi saat Perut Kosong

Penderita Maag Tak Disarankan Minum Kopi saat Perut Kosong

Health Today - Kopi merupakan minuman mengandung kafein yang paling banyak disukai orang. Namun, detikers harus lebih berhati-hati mengkonsumsi kopi, khususnya penderita maag.

Bagi sebagian orang minum kopi dapat membuat mereka lebih santai dan maksimal dalam bekerja. Hanya saja penderita maag tak disarankan meminum kopi dalam keadaan perut kosong.

Selain itu minum kopi memang mendatangkan manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan otak dan jantung. Namun perlu diingat, konsumsi kopi berlebihan bagi penderita sakit maag dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Alasan Kopi Berbahaya Bagi Penderita Maag

Menurut jurnal kesehatan tentang "Hubungan Pola Konsumsi Kopi dengan Kekambuhan Gastritis Pada Remaja", mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang lebih dari 3 gelas/hari dapat meningkatkan asam lambung. Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata juga mengandung gas berlebih yang membuat munculnya sensasi kembung pada perut.

Selain dampak tersebut, kopi juga dapat menyebabkan gastrointestinal yang disebabkan karena konsumsi kopi berlebihan. Hal tersebut juga dapat membuat seorang penderita maag yang masih konsumsi kopi berlebihan terkena penyakit tukak lambung, dan tukak usus halus.

Meminum kopi dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan kadar asam di perut dan naik ke kerongkongan, serta merasakan sensasi panas terbakar di dadar karena asam lambung naik. Hal inilah mengapa penderita maag tidak disarankan meminum kopi dalam keadaan perut kosong.

Nah Langkaters, jangan sampai merasakan penyesalan yang selalu datang di akhir ya. Tetap sayangi dirimu dengan menjaga kesehatan. Hal yang kamu anggap sepele di masa kini akan menjadi penyesalan terbesar di masa mendatang, tetap jaga kesehatan dan semoga bermanfaat!


Artikel ini ditulis Herlyn Agnes, peserta magang bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom

------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di WhatsApp Channel dan Telegram

Type and hit Enter to search

Close